08 November 2009

Anak Prematur Berisiko Diabetes

08 November 2009 |
Anak-anak yang dilahirkan secara prematur mengalami kurang peka terhadap insulin (pra-diabetes), membuat bayi prematur berisiko menderita diabetes di kemudian hari. Risiko yang sama berlaku pada anak yang dilahirkan dengan berat badan rendah, walaupun dilahirkan dari usia kehamilan yang penuh.

Simpulan itu didapat setelah tim peneliti melakukan riset terhadap 72 anak berusia 4-10 tahun. Para peneliti mengukur kadar sensitifitas insulin, yaitu seberapa efisien-nya insulin dalam memecah glukosa.

Hasil pengukuran yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan, anak yang dilahirkan secara prematur dengan berat badan yang bagaimanapun mengalami penurunan sensitifitas insulin sekitar 30 persen, dibanding dengan anak-anak yang lahir dengan berat badan normal dengan usia kehamilan penuh.

Saat usia 4-10 tahun, anak-anak yang lahir secara prematur ini menunjukkkan peningkatan pelepasan insulin secara akut yang terkompensasi. Hal ini terlihat pada saat mereka makan, insulin yang dilepaskan ternyata lebih tinggi, untuk mengatasi kurangnya kepekaan terhadap insulin yang terjadi pada mereka.

Kurangnya kepekaan terhadap insulin atau kurangnya sensitifitas insulin, selain dapat menyebabkan Diabetes, dapat juga berakibat kegemukan, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Namun, risiko ini bisa diturunkan dengan membiasakan anak dengan perilaku hidup sehat seperti berolahraga dan mengatur pola makan.

(IS/dila)
Sumber : suaramerdeka.com


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Translate This Blog to Your Language

Tutorial Blogspot Terbaru

Bahasa dan Sastra Terbaru

Artikel Kesehatan Terbaru

Artikel Suami Isteri Terbaru

Artikel Kehamilan Terbaru

Artikel Anak dan Balita Terbaru

 

Arsip