09 November 2009

Anak Minum Susu Tinggi Lemak Punya Tubuh Lebih Kurus

09 November 2009 |
Mungkin banyak orang mengira jika anaknya diberi susu tinggi lemak akan membuatnya terlihat lebih gemuk. Tapi sebuah penelitian dari Sahlgrenska Academy, Swedia menunjukkan anak tersebut memiliki indeks masa tubuh (BMI) yang lebih kecil.

Anak-anak yang berusia delapan tahun dan setiap harinya suka minum susu tinggi lemak justru memiliki nilai indeks masa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang minum susu lemak sedang atau rendah lemak sekalipun. Didapatkan anak-anak tersebut memiliki berat badan lebih kecil 4 kg.

"Ini adalah pengamatan yang menarik, meskipun penyebab pastinya belum bisa dipastikan. Kemungkinan hal ini terjadi karena anak-anak yang minum susu tinggi lemak juga mengonsumsi makanan lain yang dapat mempengaruhi berat badannya," ujar Susanne Eriksson, seorang ahli gizi dan juga penulis penelitian ini, seperti dikutip dari ScienceDaily, Jumat (6/11/2009).

Peneliti juga menemukan perbedaan kelebihan berat badan antara anak yang suka minum susu tinggi lemak dengan yang tidak. Anak yang memiliki kandungan lemak 3 persen lebih tinggi memiliki berat badan yang lebih kecil. Dan juga didapatkan anak-anak ini mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh lebih tinggi dari yang disarankan.

Susanne Eriksson juga menanyakan mengenai nutrisi, komposisi tubuh serta mineralisasi tulang dari 120 anak usia 8 tahun yang sehat. Hasil ini digunakan sebagai standar untuk menentukan seperti apa ukuran normal dari anak sehat usia tersebut. Selain itu berbagai tanda risiko dalam darah juga diukur.

Didapatkan perubahan kebiasaan makan dialami saat anak berusia di atas 4 tahun. Serta anak-anak cenderung kurang suka mengonsumsi ikan seperti salmon atau mackerel, padahal ikan dapat meningkatkan panjang rantai asam lemak EPA dan DHA yang bisa meningkatkan kemampuan kerja otak.

Bagi anak, susu yang baik adalah susu yang bisa menunjang optimalisasi fungsi otaknya serta bisa mencukupi beberapa nutrisi penting untuk anak. Karena pertumbuhan dan perkembangan tubuh saat anak-anak adalah suatu hal yang penting.

Sumber :  health.detik.com


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Translate This Blog to Your Language

Tutorial Blogspot Terbaru

Bahasa dan Sastra Terbaru

Artikel Kesehatan Terbaru

Artikel Suami Isteri Terbaru

Artikel Kehamilan Terbaru

Artikel Anak dan Balita Terbaru

 

Arsip